Saturday, December 14, 2013

Sejarah Percetakan


Sejarah pencetakan dalam arti luas dapat dikatakan kembali ke duplikasi gambar dengan cara perangko di masa yang sangat awal . Penggunaan segel silinder bulat untuk rolling sebuah kesan ke tablet tanah liat kembali ke peradaban Mesopotamia awal sebelum 3000 SM , di mana mereka adalah karya yang paling umum seni untuk bertahan hidup , dan memiliki gambar yang kompleks dan indah . Dalam kedua Cina dan Mesir , penggunaan prangko kecil untuk segel didahului penggunaan blok yang lebih besar . Di Eropa dan India , pencetakan kain tentu didahului pencetakan kertas atau papirus , ini mungkin juga terjadi di China . Proses ini pada dasarnya sama - di Eropa tayangan presentasi khusus cetakan sering dicetak pada sutra sampai 
Pencetakan blok [ sunting]

Artikel utama: printing Woodblock


Dinasti Yuan edisi woodblock dari sebuah drama Cina
Pencetakan blok adalah teknik untuk mencetak teks , gambar atau pola yang digunakan secara luas di seluruh Asia Timur baik sebagai metode pencetakan pada tekstil dan kemudian, di bawah pengaruh agama Buddha , di atas kertas . Sebagai metode pencetakan pada kain , contoh yang masih hidup paling awal dari tanggal Cina menjadi sekitar 220 . Ukiyo - e adalah jenis yang paling terkenal dari Jepang cetak seni woodblock . Sebagian besar menggunakan Eropa teknik di atas kertas ditutupi oleh ukiran kayu istilah seni , kecuali untuk blok - buku diproduksi terutama pada abad kelima belas .
Di Korea [sunting ]
Di Korea , masih ada woodblock pertama di dunia cetak digunakan untuk mencetak di Silla Kingdom. The woodblock cetakan adalah ' Mugujeonggwang daedaranigyeong ' . Ini mencetak dalam 751 . Darani Sutra ini ditemukan di dalam Pagoda Seokga dari Kuil Bulguksa di Gyeongju , Korea .
Di Cina [sunting ]
Artikel utama: Sejarah percetakan di Asia Timur
The woodblock fragmen awal dicetak berasal dari Cina . Mereka terdiri dari bunga dicetak dalam tiga warna pada sutra . Mereka umumnya ditugaskan ke Dinasti Han sebelum 220 . [ 1 ] Teknologi pencetakan pada kain di Cina disesuaikan dengan kertas di bawah pengaruh Buddhisme yang diamanatkan peredaran terjemahan standar di wilayah yang luas , serta produksi beberapa salinan teks kunci untuk alasan agama . Kayu - blok buku tertua dicetak adalah Diamond Sutra . Ini membawa tanggal ' hari ke 13 bulan keempat tahun kesembilan dari Xiantong era ' ( yaitu 11 Mei 868 ) . [ 2 ] Sejumlah dicetak Dharani - s , bagaimanapun, mendahului Diamond Sūtra oleh sekitar dua ratus tahun (lihat Dinasti Tang ) .
Di India [sunting ]
Dalam ajaran Buddha , jasa besar diperkirakan bertambah dari menyalin dan melestarikan teks . Master abad keempat terdaftar menyalin kitab suci sebagai yang pertama dari sepuluh praktik-praktik keagamaan yang penting . Pentingnya teks mengabadikan diatur dengan kekuatan khusus dalam lagi Sukhavativyuha Sūtra yang tidak hanya mendesak taat untuk mendengar , belajar, mengingat dan mempelajari teks tapi untuk mendapatkan salinan yang baik dan untuk melestarikannya . Ini ' kultus buku ' menyebabkan teknik untuk mereproduksi teks dalam jumlah besar, terutama doa-doa pendek atau pesona yang dikenal sebagai Dharani - s . Perangko dipahat untuk mencetak doa ini pada tablet tanah liat dari setidaknya abad ketujuh , tanggal contoh tertua [ 3 ] . Terutama populer adalah Pratītyasamutpāda Gatha , teks ayat pendek menyimpulkan filsafat Nagarjuna dari genesis kausal atau originasi tergantung . Nagarjuna tinggal di abad-abad awal era saat ini dan Budha Creed , sebagai Gatha sering disebut , dicetak pada tablet tanah liat dalam jumlah besar dari abad keenam . Tradisi ini ditransmisikan ke China dan Tibet dengan Buddhisme . Mencetak teks dari woodblocks tidak, bagaimanapun , tampaknya telah dikembangkan di India .
Di Eropa [sunting ]
Pencetakan blok dipraktekkan di Eropa Kristen sebagai metode untuk pencetakan pada kain , di mana hal itu biasa oleh 1300. Gambar dicetak pada kain untuk tujuan keagamaan bisa sangat besar dan rumit , dan ketika kertas menjadi relatif mudah tersedia , sekitar tahun 1400 , media ditransfer dengan sangat cepat gambar religius ukiran kayu kecil dan bermain kartu dicetak di atas kertas . Cetakan ini diproduksi dalam jumlah yang sangat besar dari sekitar 1425 dan seterusnya . [ 4 ]
Sekitar pertengahan abad , blok - buku, buku ukiran kayu dengan kedua teks dan gambar , biasanya diukir di blok yang sama , muncul sebagai alternatif yang lebih murah untuk naskah dan buku dicetak dengan movable type . Ini adalah karya-karya pendek semua sangat diilustrasikan , buku terlaris hari , diulang dalam banyak versi yang berbeda blok - book : the moriendi Ars dan pauperum Biblia adalah yang paling umum . Masih ada beberapa kontroversi di kalangan sarjana , apakah pengenalan mereka didahului atau , pandangan mayoritas , diikuti pengenalan tipe bergerak , dengan rentang tanggal yang diperkirakan berada di antara sekitar 1440-1460 . [ 5 ]
Stencil [sunting ]

Artikel utama: Stencil
Stensil mungkin telah digunakan untuk kain warna untuk waktu yang sangat lama , teknik mungkin mencapai puncaknya kecanggihan di Katazome dan teknik lain yang digunakan pada sutra untuk pakaian selama periode Edo di Jepang . Di Eropa , dari sekitar 1450 mereka sangat umum digunakan untuk mewarnai master tua cetakan dicetak dalam warna hitam dan putih , biasanya ukiran kayu . Hal ini terutama terjadi dengan bermain - kartu, yang terus diwarnai oleh stensil lama setelah sebagian besar mata pelajaran lain untuk cetak yang tersisa dalam warna hitam dan putih . Stensil kembali pada abad ke -27 SM berbeda . Mereka menggunakan warna dari tanaman dan bunga seperti indigo ( biru yang ekstrak ) . Stensil digunakan untuk publikasi massa , sebagai jenis yang tidak harus ditulis tangan .
Movable type [ sunting]

Artikel utama: tipe Movable
Lihat juga : Sejarah tipografi di Asia Timur dan Sejarah tipografi Barat


Keluaran Eropa buku yang dicetak oleh movable type dari ca . 1450-1800 [ 6 ]


Bentuk mengeset logam Korea bergerak , digunakan untuk mencetak月 印 千 江 之 曲tahun 1447 .


Kasus potongan jenis logam cor dan materi mengeset dalam tongkat menyusun


Penyebaran yang cepat dari pencetakan dari Mainz di abad ke-15
Movable type adalah sistem pencetakan dan tipografi menggunakan potongan bergerak dari jenis logam , yang dibuat oleh casting dari matriks disambar letterpunches .
Sekitar 1040, yang pertama dikenal sistem movable type diciptakan di Cina oleh Bi Sheng keluar dari porselen . Movable type logam pertama kali ditemukan di Korea pada masa Dinasti Goryeo ( sekitar 1230 ) . Baik sistem movable type digunakan secara luas , salah satu alasannya karena besar set karakter Cina .
Hal ini secara tradisional disimpulkan bahwa Johannes Gutenberg , dari kota Jerman Mainz , mengembangkan movable type teknologi pencetakan Eropa sekitar 1439 [ 7] dan dalam lebih dari satu dekade , usia Eropa pencetakan dimulai . Namun, rincian menunjukkan proses evolusi penyebaran yang lebih kompleks selama beberapa lokasi . [ 8 ] Juga , Johann Fust dan Peter Schoffer bereksperimen dengan Gutenberg di Mainz .
Dibandingkan dengan pencetakan woodblock , movable type -setting halaman lebih cepat dan lebih tahan lama . Potongan-potongan jenis logam yang lebih tahan lama dan huruf yang lebih seragam , yang mengarah ke tipografi dan font . Kualitas tinggi dan harga yang relatif rendah dari Alkitab Gutenberg ( 1455 ) mendirikan superioritas tipe bergerak , dan mesin cetak cepat menyebar di seluruh Eropa , menjelang Renaissance , dan kemudian di seluruh dunia . Hari ini , hampir semua jenis pencetakan bergerak pada akhirnya berasal dari movable type printing Gutenberg , yang sering dianggap sebagai penemuan paling penting dari milenium kedua . [ 9 ]
Gutenberg juga dikreditkan dengan memperkenalkan tinta berbasis minyak yang lebih tahan lama dibandingkan tinta berbasis air yang digunakan sebelumnya . Setelah bekerja sebagai tukang emas profesional , Gutenberg membuat penggunaan terampil pengetahuan logam yang telah dipelajarinya sebagai pengrajin . Gutenberg juga yang pertama untuk membuat tipenya dari paduan timbal , timah , dan antimon , yang dikenal sebagai logam jenis , memimpin printer , atau logam printer , yang sangat penting untuk memproduksi jenis tahan lama yang dihasilkan berkualitas tinggi buku cetak , dan terbukti lebih cocok untuk pencetakan dari tanah liat , jenis kayu atau perunggu yang digunakan di Asia Timur . Untuk membuat ini jenis lead , Gutenberg menggunakan apa yang beberapa dianggap penemuan yang paling cerdik , matriks khusus yangtelah pengecoran jenis bergerak baru dengan presisi belum pernah terjadi sebelumnya dalam waktu singkat menjadi layak . Dalam waktu satu tahun mencetak Alkitab Gutenberg , Gutenberg juga menerbitkan cetakan berwarna pertama .
Penemuan mesin cetak merevolusi komunikasi dan buku terkemuka produksi untuk penyebaran pengetahuan . Cepat , menyebar pencetakan dari Jerman dengan beremigrasi printer Jerman , tetapi juga oleh murid asing kembali ke rumah . Sebuah mesin cetak dibangun di Venesia pada 1469, dan pada 1500 kota ini memiliki 417 printer . Pada tahun 1470 Johann Heynlin mendirikan sebuah percetakan di Paris . Pada 1473 Kasper Straube menerbitkan Almanach cracoviense iklan tahun 1474 di Kraków . Dirk Martens mendirikan sebuah percetakan di Aalst ( Flanders ) pada 1473 . Dia mencetak buku tentang dua kekasih dari Enea Piccolomini yang menjadi Paus Pius II . Pada 1476 percetakan didirikan di Inggris oleh William Caxton . Belarusia Francysk Skaryna dicetak buku pertama dalam bahasa Slavia pada tanggal 6 Agustus 1517. The Italian Juan Pablos mendirikan sebuah press impor di Mexico City pada tahun 1539 . Mesin cetak pertama di Asia Tenggara didirikan di Filipina oleh Spanyol pada 1593 . Pendeta Jose Glover dimaksudkan untuk membawa percetakan pertama untuk koloni Amerika Inggris pada tahun 1638 , namun meninggal dalam perjalanan , sehingga jandanya , Elizabeth Harris Glover , mendirikan percetakan , yang dijalankan oleh Stephen Day dan menjadi The Cambridge Press. [ 10 ]
The Gutenberg pers jauh lebih efisien daripada menyalin manual dan masih sebagian besar tidak berubah di era John Baskerville dan Giambattista Bodoni , lebih dari 300 tahun kemudian . [ 11 ] Pada 1800 , Lord Stanhope telah membangun pers yang benar-benar dari besi cor , mengurangi gaya dibutuhkan oleh 90 % sementara dua kali lipat ukuran area cetak . [ 11 ] sementara "teori mekanik " Stanhope telah meningkatkan efisiensi pers , itu masih hanya mampu 250 lembar per jam . [ 11 ] printer Jerman Friedrich Koenig akan yang pertama untuk merancang mesin - menggunakan non - manpowered uap . [ 11 ] Setelah pindah ke London pada 1804 , Koenig segera bertemu Thomas Bensley dan dukungan keuangan dijamin untuk proyek pada tahun 1807 . [ 11 ] dipatenkan pada tahun 1810 , Koenig telah dirancang uap tekan " banyak seperti press tangan terhubung ke mesin uap . " [ 11 ] percobaan produksi pertama dari model ini terjadi pada bulan April 1811.
Tempat tidur datar- cetak [sunting ]
Artikel utama: Percetakan tekan Penyebaran mesin cetak


Mencetak pers dari tahun 1811, difoto di Munich , Jerman .
Sebuah mesin cetak adalah perangkat mekanis untuk menerapkan tekanan ke peristirahatan permukaan bertinta pada media ( seperti kertas atau kain ) , sehingga mentransfer gambar . Sistem yang terlibat pertama kali dirakit di Jerman oleh tukang emas Johannes Gutenberg pada pertengahan abad ke - 15. [ 7 ] metode Printing berdasarkan mesin cetak Gutenberg menyebar dengan cepat ke seluruh Eropa pertama dan kemudian seluruh dunia , menggantikan blok cetak yang paling dan membuatnya satu-satunya progenitor tipe bergerak cetak modern . Sebagai metode untuk menciptakan reproduksi untuk konsumsi massa , Mesin cetak telah digantikan oleh munculnya cetak offset .
Karya Johannes Gutenberg dalam mesin cetak dimulai pada sekitar 1436 ketika ia bermitra dengan Andreas Dritzehen - seorang pria yang sebelumnya diperintahkan dalam gem - cutting- dan Andreas Heilmann , pemilik pabrik kertas . [ 7 ] Itu tidak sampai 1439 gugatan terhadap Gutenberg bahwa catatan resmi ada, . kesaksian saksi jenis dibahas , inventarisasi logam ( termasuk timah ) dan jenis cetakan nya [ 7 ]
Lain di Eropa sedang mengembangkan tipe bergerak saat ini , termasuk tukang emas Procopius Waldfoghel dari Perancis dan Laurens Janszoon Coster dari Belanda . [ 7 ] Mereka tidak diketahui telah menyumbang kemajuan spesifik kepada mesin cetak . [ 7 ] Sementara Encyclopædia Britannica Eleventh Edition telah dikaitkan penemuan mesin cetak ke Coster , perusahaan sekarang menyatakan bahwa tidak benar . [ 12 ]


Dalam woodblock ini dari 1568, printer di sebelah kiri adalah menghapus halaman dari pers sementara yang di sebelah kanan Tinta teks - blok
Percetakan [ sunting]

Percetakan Dini ( dekat waktu Gutenberg ) yang dijalankan oleh " master printer . " Printer ini dimiliki toko-toko , dipilih dan diedit naskah, menentukan ukuran cetak berjalan , menjual karya-karya yang mereka hasilkan , meningkatkan modal dan distribusi terorganisir . Beberapa percetakan menguasai , seperti itu dari Aldus Manutius , menjadi pusat budaya bagi sastrawan seperti Erasmus .
Percetakan magang : Magang , biasanya antara usia 15 dan 20 , bekerja untuk master printer . Magang juga tidak diharuskan untuk menjadi melek huruf , dan angka melek huruf pada saat itu sangat rendah , dibandingkan dengan hari ini . Magang menyiapkan tinta , dibasahi lembar kertas , dan dibantu di pers . Magang yang ingin belajar menjadi seorang compositor harus belajar Latin dan menghabiskan waktu di bawah pengawasan seorang pekerja harian .
Printer harian : Setelah menyelesaikan magang mereka , printer harian bebas untuk bergerak majikan . Ini memfasilitasi penyebaran percetakan ke daerah-daerah yang kurang print - berpusat .
Compositors : Mereka yang mengatur jenis untuk pencetakan .
Percetakan : orang yang bekerja pers . Ini adalah fisik padat karya .
Gambar paling awal dikenal dari , toko cetak Gutenberg - gaya Eropa adalah Dance of Death by Matthias Huss , di Lyon , 1499. Gambar ini menggambarkan seorang compositor berdiri di kasus compositor yang sedang diraih oleh kerangka . Kasus ini diangkat untuk memudahkan pekerjaannya . Di sebelah kanan rumah pencetakan toko buku ditampilkan .
Aspek keuangan [sunting ]
Pengadilan mencatat dari kota Mainz dokumen yang Johannes Fust itu , untuk beberapa waktu , pendukung keuangan Gutenberg .
Pada abad keenam belas pekerjaan yang berkaitan dengan pencetakan menjadi semakin khusus . Struktur pendukung penerbit lebih dan lebih kompleks , yang mengarah ke pembagian kerja . Di Eropa antara tahun 1500 dan 1700 peran Master Printer sedang sekarat dan memberikan cara untuk penjual buku - penerbit . Percetakan selama periode ini memiliki keharusan komersial lebih kuat dari sebelumnya . Risiko yang terkait dengan industri namun yang substansial , meskipun tergantung pada sifat dari publikasi .
Penerbit penjual buku dinegosiasikan di pameran perdagangan dan di toko-toko cetak . Pekerjaan makelar muncul di mana printer melakukan tugas-tugas kasar di awal karir mereka untuk mendukung diri mereka sendiri .
1500-1700 : Penerbit mengembangkan beberapa metode baru proyek pendanaan .
Sindikat -a asosiasi Koperasi / publikasi jumlah individu berbagi risiko yang terkait dengan pencetakan dan berbagi dalam keuntungan . Hal ini dipelopori oleh Perancis . [ Rujukan? ]
Berlangganan penerbitan - dipelopori oleh Inggris pada awal abad ke-17 . [ Rujukan? ] Sebuah prospektus untuk publikasi disusun oleh penerbit untuk meningkatkan pendanaan . Prospektus diberikan kepada pembeli potensial yang mendaftar untuk salinan . Jika tidak ada cukup langganan publikasi tidak pergi ke depan . Daftar pelanggan yang termasuk dalam buku-buku sebagai dukungan . Jika cukup banyak orang berlangganan cetak ulang mungkin terjadi . Beberapa penulis menggunakan publikasi berlangganan untuk memotong penerbit seluruhnya .
Angsuran penerbitan - buku yang diterbitkan di beberapa bagian sampai buku lengkap telah dikeluarkan . Hal ini tidak selalu dilakukan dengan jangka waktu tetap. Itu adalah metode yang efektif untuk menyebarkan biaya selama periode waktu . Hal ini juga memungkinkan pengembalian atas investasi awal untuk membantu biaya produksi sampul angsuran berikutnya .
The Mechanick Latihan , oleh Joseph Moxon , di London , 1683, dikatakan publikasi pertama dilakukan dalam angsuran . [ Rujukan? ]
Organisasi perdagangan Publishing memungkinkan penerbit untuk mengatur badan usaha kolektif . Sistem pengaturan diri terjadi pada pengaturan ini . Misalnya, jika salah satu penerbit melakukan sesuatu untuk mengganggu penerbit lain ia akan dikontrol oleh tekanan teman sebaya . Sistem tersebut dikenal sebagai kartel , dan di sebagian besar negara sekarang dianggap berada dalam pengekangan perdagangan . Pengaturan ini membantu menangani kerusuhan kerja di antara journeymen , yang menghadapi kondisi kerja yang sulit. Persaudaraan mendahului serikat , tanpa aturan formal sekarang terkait dengan serikat pekerja .
Dalam kebanyakan kasus , penerbit membeli hak cipta dalam sebuah karya dari penulis , dan membuat beberapa pengaturan tentang keuntungan mungkin. Ini diperlukan sejumlah besar modal selain modal untuk peralatan fisik dan staf . Atau , seorang penulis yang punya uang yang cukup kadang-kadang akan menjaga hak cipta sendiri , dan hanya membayar printer untuk produksi buku .
Rotary cetak [sunting ]

Artikel utama: Rotary percetakan
Sebuah percetakan rotary adalah sebuah percetakan di mana tayangan yang diukir sekitar silinder sehingga pencetakan dapat dilakukan pada gulungan panjang yang berkesinambungan dari kertas, karton , plastik , atau sejumlah besar substrat lainnya . Cetak rotary drum diciptakan oleh Richard Maret Hoe pada 1843 dan dipatenkan pada tahun 1847 , dan kemudian meningkat secara signifikan oleh William Bullock pada 1863 .
Intaglio [sunting ]



Cetak intaglio . Baris teratas adalah kertas , yang lapisan sedikit terangkat tinta melekat , matriks adalah di bawah
Artikel utama: Intaglio ( seni grafis )
Intaglio / ɪntæli.oʊ / adalah keluarga dari teknik seni grafis di mana foto tersebut menorehkan ke permukaan , yang dikenal sebagai matriks atau piring . Biasanya , tembaga atau seng plate digunakan sebagai permukaan , dan sayatan yang dibuat oleh etsa , engraving , drypoint , aquatint atau mezzotint . Collographs juga dapat dicetak sebagai pelat intaglio . Untuk mencetak pelat intaglio permukaan ditutupi dengan tinta tebal dan kemudian digosok dengan kain tarlatan untuk menghilangkan sebagian besar kelebihan . Final halus lap biasanya dilakukan dengan tangan , kadang-kadang dengan bantuan surat kabar atau halaman buku telepon umum lama , meninggalkan tinta hanya dalam sayatan . Sepotong kertas basah ditempatkan di atas dan piring dan kertas dijalankan melalui mesin cetak itu, melalui tekanan , transfer tinta dari relung piring kertas.
Litografi ( 1796 ) [ sunting]



Litografi pers untuk peta percetakan di Munich .


batu yang digunakan untuk litograf dengan pemandangan Princeton University ( Koleksi : Perpustakaan Universitas Princeton , NJ )
Artikel utama: Litografi
Diciptakan oleh penulis Bavaria Aloys Senefelder pada tahun 1796 , [ 13 ] litografi adalah metode untuk mencetak pada permukaan yang halus . Litografi adalah proses pencetakan yang menggunakan proses kimia untuk membuat gambar . Misalnya , bagian positif dari sebuah gambar akan menjadi kimia hidrofobik , sedangkan citra negatif akan air . Jadi, ketika piring diperkenalkan ke tinta dan air campuran yang kompatibel , tinta akan mematuhi citra positif dan air akan membersihkan citra negatif . Hal ini memungkinkan untuk pelat cetak yang relatif datar yang memungkinkan untuk berjalan lebih lama daripada metode fisik yang lebih tua dari pencitraan ( misalnya , embossing atau ukiran ) . Litografi volume tinggi digunakan saat ini untuk menghasilkan poster , peta , buku, surat kabar , dan kemasan - hampir semua mulus , barang yang diproduksi secara massal dengan cetak dan grafis di atasnya . Kebanyakan buku , memang semua jenis teks - volume tinggi , kini dicetak menggunakan offset lithography .
Dalam litografi offset, yang tergantung pada proses fotografi , aluminium fleksibel , poliester , mylar atau kertas pelat cetak yang digunakan di tempat loh batu . Pelat cetak modern memiliki tekstur yang kasar dan disikat atau ditutupi dengan emulsi fotosensitif . Sebuah negatif foto dari gambar yang diinginkan ditempatkan dalam kontak dengan emulsi dan piring terkena sinar ultraviolet . Setelah pembangunan , emulsi menunjukkan kebalikan dari citra negatif , yang dengan demikian merupakan duplikat asli ( positif ) gambar . Gambar di emulsi piring juga dapat diciptakan melalui pencitraan laser yang langsung di CTP (Computer - To- Plate) perangkat yang disebut platesetter a . Citra positif adalah emulsi yang tersisa setelah pencitraan . Selama bertahun-tahun , bahan kimia telah digunakan untuk menghapus emulsi non - gambar , tapi sekarang piring yang tersedia yang tidak memerlukan pengolahan kimia .
Warna pencetakan [ sunting]

Artikel utama: printing Warna dan ukiran kayu


Calvert litograf Company, Detroit , MI . Paman Sam Menyediakan Dunia dengan Berry Saudara Keras Oil Finish , c . 1880. Noel Wisdom Chromolithograph Collection , Departemen Koleksi Khusus , The University of South Florida di Tampa Library .
Chromolithography menjadi yang paling sukses dari beberapa metode pencetakan warna yang dikembangkan oleh abad ke-19 , metode lain yang dikembangkan oleh printer seperti Jacob Christoph Le Blon , George Baxter dan Edmund Evans , dan sebagian besar bergantung pada menggunakan beberapa woodblocks dengan warna . Tangan- mewarnai juga tetap penting, elemen peta resmi British Ordnance Survey diwarnai dengan tangan oleh anak laki-laki sampai 1875. Chromolithography dikembangkan dari litografi dan istilah mencakup berbagai jenis litografi yang dicetak dalam warna . [ 14 ] Teknik awal melibatkan penggunaan beberapa batu litograf , satu untuk setiap warna , dan masih sangat mahal bila dilakukan untuk hasil kualitas terbaik . Tergantung pada jumlah warna yang hadir , chromolithograph bisa waktu berbulan-bulan untuk memproduksi , oleh pekerja yang sangat terampil . Cetakan Namun jauh lebih murah bisa diproduksi dengan menyederhanakan baik jumlah warna yang digunakan , dan penyempurnaan detail dalam gambar . Gambar yang lebih murah , seperti iklan digambarkan , sangat bergantung pada cetak awal hitam ( tidak selalu litograf a) , di mana warna kemudian overprinted . Untuk membuat print reproduksi mahal seperti apa yang pernah disebut sebagai " ' kromosom ' " , lithographer , dengan lukisan selesai di depannya , secara bertahap dibuat dan mengoreksi banyak batu menggunakan bukti untuk melihat sebanyak mungkin seperti lukisan di depannya , kadang-kadang menggunakan puluhan lapisan . [ 15 ]
Alois Senefelder , penemu litografi , memperkenalkan subjek litografi berwarna dalam bukunya 1818 Vollstaendiges Lehrbuch der Steindruckerey ( A Course Lengkap Litografi ) , di mana ia menceritakan rencananya untuk mencetak menggunakan warna dan menjelaskan warna ia ingin bisa cetak suatu hari nanti . [ 16 ] Meskipun Senefelder mencatat rencana untuk chromolithography , printer di negara lain , seperti Prancis dan Inggris , juga berusaha untuk menemukan cara baru untuk mencetak dalam warna . Godefroy Engelmann dari Mulhouse di Prancis dianugerahi paten pada chromolithography pada bulan Juli 1837, [ 16 ] tetapi ada perselisihan mengenai apakah chromolithography sudah digunakan sebelum tanggal ini , karena beberapa sumber mengatakan , menunjuk ke bidang pencetakan seperti produksi bermain kartu . [ 16 ]
Offset tekan ( 1870 ) [ sunting]

Artikel utama : Offset tekan
Cetak offset adalah teknik cetak banyak digunakan di mana gambar bertinta ditransfer ( atau " offset" ) dari piring ke selimut karet , lalu ke permukaan pencetakan . Ketika digunakan dalam kombinasi dengan proses litograf , yang didasarkan pada tolakan minyak dan air , teknik diimbangi mempekerjakan datar ( planographic ) pembawa gambar di mana gambar yang akan dicetak memperoleh tinta dari rol tinta , sementara wilayah non - printing menarik film air , menjaga daerah non - printing tinta bebas .
Sablon ( 1907) [ sunting]

Artikel utama: Sablon
Sablon memiliki asal-usul dalam stencilling sederhana , terutama dari bentuk Jepang ( katazome ) , yang digunakan yang memotong daun pisang dan dimasukkan tinta melalui lubang desain pada tekstil , terutama untuk pakaian . Ini diambil di Perancis. Proses Sablon modern berasal dari paten yang diambil oleh Samuel Simon pada tahun 1907 di Inggris . Ide ini kemudian diadopsi di San Francisco , California , oleh John Pilsworth pada tahun 1914 yang menggunakan Sablon untuk membentuk cetakan multicolor dalam mode subtraktif , berbeda dari Sablon seperti yang dilakukan hari ini .
Flexography [sunting ]

Artikel utama: Flexography


Sebuah pelat cetak flexographic .
Flexography ( juga disebut "pencetakan permukaan " ) , sering disingkat menjadi " flexo " , adalah metode pencetakan yang paling umum digunakan untuk kemasan ( label , tape, tas , kotak , spanduk , dan sebagainya ) .
Sebuah cetak flexo dicapai dengan menciptakan master cermin dari gambar yang diperlukan sebagai bantuan 3D dalam bahan karet atau polimer . Sejumlah diukur tinta diendapkan pada permukaan pelat cetak ( printing atau silinder ) menggunakan Anilox roll. Permukaan cetak kemudian berputar , menghubungi bahan cetak yang mentransfer tinta .
Printing awalnya flexo adalah dasar dalam kualitas . Label yang membutuhkan kualitas tinggi umumnya telah dicetak Offset sampai saat ini . Dalam beberapa tahun terakhir kemajuan besar telah dibuat untuk kualitas mesin cetak Flexo .
Kemajuan terbesar meskipun telah berada di area photopolymer Printing Pelat , termasuk perbaikan bahan pelat dan metode pembuatan plate . - Biasanya paparan fotografi diikuti oleh etsa kimia , meski juga dengan laser engraving langsung .
Mesin fotokopi ( 1960 ) [ sunting]

Artikel utama: Photocopier
Fotokopi kantor xerographic diperkenalkan oleh Xerox pada tahun 1960 , dan selama 20 tahun berikutnya secara bertahap digantikan salinan yang dibuat oleh Verifax , photostat , kertas karbon , mesin stensil , dan mesin duplikasi lainnya . Prevalensi penggunaannya merupakan salah satu faktor yang mencegah perkembangan kantor paperless digembar-gemborkan di awal revolusi digital .
Thermal printer [ sunting]

Artikel utama: Thermal printer
Sebuah printer thermal ( thermal printer atau langsung) menghasilkan gambar yang dicetak oleh pemanasan selektif termokromik dilapisi kertas , atau kertas termal seperti yang umumnya dikenal , saat kertas melewati print head termal . Lapisan ini berubah menjadi hitam di daerah mana dipanaskan , menghasilkan gambar .
Printer Laser ( 1969) [ sunting]

Artikel utama: printer Laser
Printer laser, berdasarkan mesin fotokopi xerographic dimodifikasi , ditemukan di Xerox pada tahun 1969 oleh peneliti Gary Starkweather , yang memiliki sistem printer jaringan yang berfungsi penuh bekerja pada tahun 1971 . [ 17 ] [ 18 ] pencetakan Laser akhirnya menjadi bisnis bernilai miliaran dolar untuk Xerox.
Pelaksanaan komersial pertama printer laser adalah model IBM 3800 pada tahun 1976 , digunakan untuk pencetakan volume tinggi dokumen seperti faktur dan label surat . Hal ini sering disebut sebagai " mengambil seluruh ruangan , " menyiratkan bahwa itu adalah versi primitif dari perangkat akrab kemudian digunakan dengan komputer pribadi . Sementara besar , ia dirancang untuk tujuan yang sama sekali berbeda . Banyak 3800s masih digunakan .
Printer laser pertama kali dirancang untuk digunakan dengan komputer individu dirilis dengan Xerox Star 8010 pada tahun 1981 . Meskipun itu inovatif , Star adalah mahal ( $ 17.000 ) sistem yang hanya dibeli oleh sejumlah kecil laboratorium dan lembaga . Setelah komputer pribadi menjadi lebih luas , printer laser pertama ditujukan untuk pasar massal adalah HP LaserJet 8ppm , dirilis pada tahun 1984 , menggunakan mesin Canon dikendalikan oleh perangkat lunak HP . HP LaserJet printer segera diikuti oleh printer laser lainnya dari Brother Industries , IBM , dan lain-lain .
Paling penting adalah peran printer laser bermain dalam mempopulerkan desktop publishing dengan pengenalan Apple LaserWriter untuk Apple Macintosh , bersama dengan perangkat lunak Aldus PageMaker , pada tahun 1985 . Dengan produk ini , pengguna bisa membuat dokumen yang sebelumnya akan diperlukan typesetting profesional.
Dot matrix printer (1970 ) [ sunting]

Artikel utama: Dot matrix printer
Sebuah printer dot matrix printer atau dampak matrix mengacu pada jenis printer komputer dengan kepala cetak yang berjalan bolak-balik pada halaman dan mencetak oleh dampak, mencolok tinta basah kain pita terhadap kertas , seperti mesin ketik . Tidak seperti mesin tik atau printer daisy wheel , surat ditarik keluar dari dot matrix , dan dengan demikian , font bervariasi dan grafis sewenang-wenang dapat diproduksi . Karena pencetakan melibatkan tekanan mekanis , printer ini dapat membuat salinan karbon dan salinan karbon .
Setiap titik yang dihasilkan oleh batang logam kecil , juga disebut " kawat " atau " pin " , yang didorong ke depan oleh kekuatan sebuah elektromagnet kecil atau solenoid , baik secara langsung atau melalui tuas kecil ( pawls ) . Menghadapi pita dan kertas adalah panduan piring kecil (sering terbuat dari permata buatan seperti safir atau rubi [ 1 ] ) ditusuk dengan lubang untuk melayani sebagai panduan untuk pin . Bergerak porsi printer disebut print head , dan ketika menjalankan printer sebagai perangkat teks umum umumnya mencetak satu baris teks pada satu waktu . Kebanyakan printer dot matrix memiliki garis vertikal tunggal dot- pembuatan peralatan pada kepala cetak mereka , yang lain memiliki baris disisipkan beberapa dalam rangka meningkatkan kepadatan titik .
Printer inkjet [ sunting]

Artikel utama: Inkjet printer
Inkjet printer adalah jenis printer komputer yang beroperasi dengan mendorong tetesan kecil tinta cair ke kertas .
Printer dye-sublimation [ sunting]

Artikel utama: Dye - sublimation printer
Sebuah printer dye-sublimation ( atau dye - sub printer ) adalah printer komputer yang mempekerjakan proses pencetakan yang menggunakan panas untuk mentransfer dye ke media seperti kartu plastik , kertas printer atau kertas poster . Proses ini biasanya untuk meletakkan satu warna pada suatu waktu menggunakan pita yang memiliki panel warna . Kebanyakan printer dye-sublimation menggunakan CMYO warna yang berbeda dari warna CMYK lebih diakui bahwa pewarna hitam dihilangkan demi sebuah overcoating jelas. Overcoating ini ( yang memiliki banyak nama tergantung pada produsen ) secara efektif laminasi tipis yang melindungi cetak dari perubahan warna dari sinar UV dan udara sementara juga render cetak tahan air . Banyak konsumen dan profesional printer dye-sublimation dirancang dan digunakan untuk memproduksi cetakan foto .
Tekan digital ( 1993) [ sunting]

Artikel utama: Digital printing
Digital printing adalah reproduksi gambar digital pada permukaan fisik , seperti kertas biasa atau foto atau saham karton -cover , film, kain , plastik , vinyl , magnet , label dll
Hal ini dapat dibedakan dari litostratigrafi , flexography , gravure atau pencetakan letterpress dalam banyak hal , beberapa di antaranya adalah;
Setiap kesan yang dibuat di atas kertas bisa berbeda , sebagai lawan untuk membuat beberapa ratus atau seribu jejak dari gambar yang sama dari satu set pelat cetak , seperti dalam metode tradisional .
The Ink atau Toner tidak menyerap ke dalam substrat , seperti halnya tinta konvensional , tetapi membentuk lapisan di permukaan dan dapat menyatu ke substrat dengan menggunakan fuser fluida sejalan dengan proses panas ( toner ) atau proses penyembuhan UV ( tinta ) .
Hal ini biasanya memerlukan lebih sedikit sampah dalam hal bahan kimia yang digunakan dan kertas terbuang dalam mengatur atau makeready ( membawa gambar " hingga warna " dan posisi checking ) .
Hal ini sangat baik untuk prototipe cepat , atau mencetak berjalan kecil yang berarti bahwa lebih mudah diakses ke beberapa jenis desainer dan lebih hemat biaya dalam berjalan singkat .
Frescography ( 1998) [ sunting]



Dengan CAM - program yang dibuat Frescography


Screenshot dari program CAM untuk merancang frescographies .
Artikel utama: Frescography
frescography adalah metode untuk reproduksi / pembuatan mural menggunakan metode digital printing . Frescography ini didasarkan pada digital cut-out motif yang disimpan dalam database . Program perangkat lunak CAM kemudian biarkan memasuki pengukuran dinding atau langit-langit untuk membuat desain mural dengan motif resolusi rendah .



from wikipedia artikel


semoga bisa menambah wawasan teman2 tentang sejarah percetakan....

No comments:

Post a Comment